Selasa, 24 Mei 2022

INFORMASI :

Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin | Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Rakor Forum Kesehatan Desa bersama Puskesmas Karanggayam II

Rakor Forum Kesehatan Desa bersama Puskesmas Karanggayam II

     Clapar, Selasa(08/03)- Berlangsung di Balai Desa Clapar, Rapat Koordinasi Forum Kesehatan Desa (FKD) dihadiri oleh Kader Kesehatan Desa dengan narasumber dari Puskesmas Karanggayam II. Acara dimulai dengan sambutan Ketua FKD yang dilanjutkan oleh Bidan Mursiyah. Beliau memberi sambutan serta pesan kepada Kader desa selalu aktif memantau warga yang batuk berkepanjangan supaya kita bisa memutus rantai penyebaran TBC. "Kartu BPJS jika tidak pernah digunakan bisa terjadi penonaktifan, jadi disarankan sesekali untuk dimanfaatkan walau sekedar cek up kesehatan di Puskesmas" tambah Bidan Mursiyah.

* Pemaparan oleh Nila 

     Nila yang bertugas sebagai bagian dari Prokes Puskesmas Karanggayam II menyampaikan tentang hasil Survey Mawas Diri. Survey mawas diri adalah pengenalan, pengumpulan, serta pengkajian masalah kesehatan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai kesahatan. Tujuannya yaitu sebagai data primer yang menjadi salah satu acuan untuk menganalisa kondisi permasalahan kesehatan dimasyarakat. Selain tujuan tersebut, manfaat dari SMD antara lain memberikan gambaran kesehatan di wilayah, serta memberikan informasi kebutuhan masyarakat terhadap pelaksanaan kegiatan dan pelayanan di Puskesmas Karanggayam II.

Disamping memberi penyuluhan, Pihak Puskesmas juga memberikan rekomendasi kepada kader kesehatan berupa :

  1. Penyuluhan tentang bahaya merokok dan pembuatan perdes KTR.
  2. Mengajak Tokoh masyarakat beserta warganya untuk merealisasikan hidup sehat tanpa merokok, serta tidak merokok didalam rumah.
  3. Serta memberikan apresiasi kepada perokok aktif yang sanggup berhenti merokok.

 

Follow us on :

Instagram : @pemdesclapar

Facebook : Pemdes Clapar

Youtube : https://youtu.be/hlhMEayg6Mc

Website : https://clapar.kec-karanggayam.kebumenkab.go.id/

 



Memiliki Kesan-kesan atau kritik dan saran  ? silahkan masukkan komentar anda pada kolom dibawah ini, karena kritik dan saran anda sangat berguna bagi kami.

Ingin membaca berita lainnya ? silahkan Klik link berikut ini ► Daftar Berita Terbaru

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3