Selasa, 27 September 2022

INFORMASI :

Terimakasih telah berkunjung | Ikuti perkembangan kami di Media Sosial Facebook serta Instagram

Arsip Berita

Paguyuban Pitung Wage adakan "Pangapuran" rutin di bulan Suro

Paguyuban Pitung Wage adakan "Pangapuran" rutin di bulan Suro

     Clapar, Jumat(26/08)- Pangapuran berasal dari kata Ngapura yang berarti Maaf atau memohon maaf, dalam istilah di pedesaan Slametan Pangapuran berarti sebuah bentuk Kenduri atau selametan yang bertujuan memohon maaf dalam merawat atau membersihkan area sekitar makam. Kenduri Pangapuran ini merupakan slametan yang dilakukan rutin setahun sekali pada hari jumat wage bulan Suro penanggalan jawa.


Kenduren 

Kenduren ini sejatinya berisi acara doa bersama disertai makan bersama dipelataran area parkir makam, dengan tujuan meminta selamat kepada Tuhan Yang Maha Esa, memohon maaf serta agar selalu guyub rukun. Dilaksanakan pada Jumat wage, 26/08/2022 selametan diikuti oleh perwakilan seluruh wilayah didesa Clapar.

Sama seperti selametan pada umumnya, acara diawali dengan pembacaan penglantar hajat dari mbah Arja Semita yang kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Wasiran. Jika pada selametan pada umumnya dibungkus kemudian dibawa pulang, pangapuran sendiri dilakukan dengan makan bersama di sekitar pelataran parkir panembahan dengan tujuan untuk kebersamaan dan agar selalu guyub rukun.

 

Follow us on :

Instagram : @pemdesclapar

Facebook : Pemdes Clapar

Youtube : https://youtu.be/hlhMEayg6Mc

Website : https://clapar.kec-karanggayam.kebumenkab.go.id/


Memiliki Kesan-kesan atau kritik dan saran  ? silahkan masukkan komentar anda pada kolom dibawah ini, karena kritik dan saran anda sangat berguna bagi kami.

Ingin membaca berita lainnya ? silahkan Klik link berikut ini ► Daftar Berita Terbaru

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3