Selasa, 27 September 2022

INFORMASI :

Terimakasih telah berkunjung | Ikuti perkembangan kami di Media Sosial Facebook serta Instagram

Arsip Berita

Bimtek Pendataan & Validasi RTLH melalui Aplikasi Si Rumah

Bimtek Pendataan & Validasi RTLH melalui Aplikasi Si Rumah

Bimtek Pendataan & Validasi RTLH melalui Aplikasi Si Rumah

     Karanggayam, Rabu(14/09)- Bimbingan teknis pendataan & Validasi Rumah Tidak Layah Huni (RTLH) melalui aplikasi sedang digencarkan di Kabupaten Kebumen. Merupakan Program Bupati Kebumen, Aplikasi yang diberi nama "Si Rumah" merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan Website Desa Online melalui Kominfo. Dengan narasumber dari TIM DISPERKIMHUB Kebumen, disampaikan bahwa aplikasi ini merupakan sebuah pengembangan dari tahun 2016 yang sebelumnya dari DISPERMADES namun memiliki kendala karena kurangnya sosialisasi kepada desa. Masuk di 2019 ketika ada Updating data. RTLH melalui pengiriman dari Pemerintah Desa kemudian di crosscek dengan DTKS setelah itu masuk sebagai database di aplikasi Si Rumah.

     Dalam bimtek ini tersebut ditekankan juga rumah Backlog dalam aplikasi, backlog sendiri merupakan satu rumah yang dihuni lebih dari 1 KK atau bisa dikatakan jika ada anak yang sudah berkeluarga namun masih tinggal bersama orangtuanya.

TUJUAN

Lalu apa sebenarnya tujuan pendataan melalui Aplikasi ? Apakah ada perbedaan dari sebelum sebelumnya ? . Dalam pemaparan yang diberikan, adapun pendataan ini memiliki 4 tujuan antara lain :

  1. Data Rumah By Name By Address
  2. Data Rumah RTLH dan Backlog
  3. Data RTLH
  4. Data Rekap Angka
*Tampilan menu RTLH pada Website Desa

Aplikasi si Rumah merupakan menu tambahan dalam Website desa online yang baru baru ini ditambahkan oleh DISKOMINFO, didalam menu tersebut terdapat database warga yang perlu dilakukan pengisian apakah sudah layak, pernah menerima bantuan, atau belum pernah menerima. Selain database yang muncul setelah kita sinkronisasi, desa juga bisa menambahkan secara manual jika memang belum masuk dalam data tersebut. Tipe kerusakan rumah bisa dikategorikan menjadi 4 :

  1. Rusak ringan rentang 20% - 30%
  2. Rusak sedang rentang 31% - 45%
  3. Rusak berat rentang 46% - 65%
  4. Rusak total rentang 66% - 100%

Usulan RTLH yang nantinya diunggah dan diverifikasi admin PERKIMLH memiliki beberapa kriteria yang harus diisi, mulai dari kondisi atap, dinding, sanitasi, MCK, dll yang didukung dengan lampiran 3 foto keadaan rumah tampak depan, belakang dan bagian dalam.

 

Follow us on :

Instagram : @pemdesclapar

Facebook : Pemdes Clapar

Youtube : https://youtu.be/hlhMEayg6Mc

Website : https://clapar.kec-karanggayam.kebumenkab.go.id/


Memiliki Kesan-kesan atau kritik dan saran  ? silahkan masukkan komentar anda pada kolom dibawah ini, karena kritik dan saran anda sangat berguna bagi kami.

Ingin membaca berita lainnya ? silahkan Klik link berikut ini ► Daftar Berita Terbaru

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3