Selasa, 29 November 2022

INFORMASI :

Terimakasih telah berkunjung | Ikuti perkembangan kami di Media Sosial Facebook serta Instagram

Arsip Berita

Selenggarakan Pelatihan, Kepengurusan Bumdes diharapkan paham dan mengerti tentang administrasi

Selenggarakan Pelatihan, Kepengurusan Bumdes diharapkan paham dan mengerti tentang administrasi

     Clapar, Senin(07/11)- Pemerintah Desa Clapar mengadakan Pelatihan Admnisitrasi BUMDES bagi kepengurusan dalam rangka peningkatan Kapasitas baik itu dalam pengelolaan maupun administrasi yang dibutuhkan. Kegiatan ini digelar selama dua hari yaitu pada Kamis, 03 November 2022 dan Senin 07 November 2022 yang bertempat di Balai Desa Clapar. Meski memiliki selang waktu dalam pelatihannya, namun pelaksanaan kegiatan tetap berlangsung dengan lancar tanpa ada kendala sama sekali.

     Pada hari pertama, pelatihan diisi oleh Laurentius Arwan Widagdo.SE selaku Tenaga Ahli dari Kabupaten Kebumen. Dalam pemaparannya beliau memberikan materi tentang Administrasi mulai dari Anggaran Dasar (AD) , Anggaran Rumah Tangg (ART) sampai pendaftaran Bumdes agar mendapatkan sertifikat dari Badan Hukum. " Bumdes adalah Badan Hukum yang diberikan oleh desa dan atau bersama desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktifitas, menyediakan jasa pelayanan atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa " Tambah Arwan. Terkait kesejahteraan yang diutamakan pertama adalah Pengurus Bumdes, jika pengurus sudah bisa merasa sejahtera dalam mengelola kemudian ke pemerintahan desa dalam bentuk bagi hasil, setelah itu kepada masyarakat umum dapat memberikan kesejahteraan berupa menampung suatu produk atau menjual dengan harga yang lebih murah. 

     Dihari kedua, pelatihan diisi oleh Chabib Nasrudin Nasrudin, SST, MPSSp selaku Kasi Tapem Kecamatan Karanggayam. Chabib menyampaikan bahwa pengurus bumdes dipilih oleh kades dan dilantik oleh desa kemudian pengawas dan Direktur dibuatkan SK oleh Kepala Desa. " Untuk kantor atau gedung Bumdes disediakan oleh desa, namun jika dalam pengelolaanya sudah maju kemudian mampu mendirikan bangunan sendiri juga tidak masalah" Ucap Chabib . 

 

Follow us on :

Instagram : @pemdesclapar

Facebook : Pemdes Clapar

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UC1x4cH6IDlUNA692LLm2nxg/

Website : https://clapar.kec-karanggayam.kebumenkab.go.id/


Memiliki Kesan-kesan atau kritik dan saran  ? silahkan masukkan komentar anda pada kolom dibawah ini, karena kritik dan saran anda sangat berguna bagi kami.

Ingin membaca berita lainnya ? silahkan Klik link berikut ini ► Daftar Berita Terbaru         

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4