Selasa, 27 September 2022

INFORMASI :

Terimakasih telah berkunjung | Ikuti perkembangan kami di Media Sosial Facebook serta Instagram

Profil Umum

Profil Umum

Profil Umum

Profil Singkat Desa Clapar

Desa Clapar merupakan desa yang berada di utara wilayah Kabupaten Kebumen, terletak di Kecamatan Karanggayam desa Clapar berbatasan langsung dengan beberapa desa yaitu sebelah utara desa Gunungsari, sebelah Selatan desa Karangtengah, sebelah barat desa Pagebangan, dan sebelah Timur Desa Logandu. 

   


 Desa Clapar memiliki luas wilayah sebesar 629.5 Hektar, berada pada koordinat Bujur 109.6157 dan Lintang -7.561944 dan berada pada ketinggian 98 mdpl . Memiliki jumlah penduduk kurang lebih 2330 an Jiwa ( Data penduduk selalu berubah setiap waktu) dengan  kepadatan penduduk 370 jiwa/km2 Mata pencaharian penduduk desa Clapar sebagian besar adalah Petani, dimana produksi pertanian saat musim hujan mayoritas bercocok tanam Padi sementara saat kemarau mengolah tanaman Tembakau. Tapi tak hanya itu saja masyarakat juga sebagian bercocok tanam bawang merah, jagung, kacang-kacangan, umbi-umbian dll. 

     Desa Clapar memiliki situs sejarah yang sangat kental dengan budaya jawa, ini dibuktikan dengan adanya Makam Panembahan Mbah Kepadangan atau Makam Pangeran Untung Suropati beserta Peninggalan Benda pusaka yang disimpan dirumah Bandung. Masyarakat secara turun temurun percaya dan yakin bahwa dahulu Pangeran Untung Suropati datang ke Desa Clapar membawa desa keluar dari masa Pagebluk . 

Tradisi dan adat budaya jawa yg dari dulu pun masih terus dilestarikan sampai saat ini, seperti Bersih Makam, Kenduren / Kenduri, Baritan, Ruwat Bumi, Selapanan, Kliwonan dan masih banyak lagi.

 



*Punya kritik dan saran  ? silahkan masukkan di kolom komentar dibawah, karena kritik dan saran anda sangat berguna bagi kami.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3